Cari Blog Ini

Jumat, 19 Februari 2010

Saatnya Berbisnis


Tidak dapat dipungkiri, dewasa ini mencari pekerjaan sangatlah sulit, tak terhitung berapa banyak pengangguran yang ada di negara kita ini, yang berlatar-belakang sarjana, sma, bahkan yang hanya mengenyam bangku sekolah dasar pun tidak luput dari permasalahan tersebut. Namun permasalahan banyaknya pengangguran bukan saja melanda negara kita saja, bahkan di negara-negara maju seperti amerika maupun negara-negara maju di eropa pun, dari tahun ke tahun tingkat pengangguran semakin meningkat.

Adakah solusi nya? jawabannya adalah "ADA". kenapa kita tidak membuat lapangan pekerjaan sendiri?nah hal inilah seharusnya yang ada di benak setiap orang yang belum memiliki pekerjaan. namun timbul kembali pertanyaan, "dari mana modal untuk membuat usaha? ah usaha di jaman sekarang pasti cepat bangkrut? ga ada bakat berbisnis?" dan banyak sekali pemikiran-pemikiran yang memebuat kita urung untuk membuat suatu jenis usaha.

Benarkah bisnis membutuhkan modal? jawabannya "IYA", tapi modal yang dimaksudkan bukan "Pendanaan", tetapi yang paling penting adalah "Niat". perlu kita ketahui bahwa berwirausaha itu bukan saja menjual produk barang tetapi bisa menjual jasa. nah untuk memulai suatu usaha kita harus meneguhkan NIAT kita, Cari RELASI yang banyak, pintar melihat PANGSA PASAR, dan terakhir menurut hemat saya baru MODAL/PENDANAAN. dari uraian di atas, dapat kita lihat bahwa modal berupa pendanaan berada di urutan terahkir.

Dalam posting saya kali ini saya akan menitikberatkan berbisnis JASA. Mari kita mulai dengan pertanyaan, Bisakah kita berbisnis tanpa modal DANA? jawabannya "BISA". saya ambil contoh usaha yang tidak memerlukan modal yaitu jasa pemesanan. Seringkali kita melihat ibu-ibu tetangga kita bangun pagi-pagi untuk pergi berbelanja ke pasar, saya melihat hal tersebut merupakan peluang usaha, bagaimana caranya?kita tawarkan jasa kepada ibu-ibu tersebut untuk memesan belanjaan mereka kepada mereka dengan menawarkan biaya ongkos setengahnya dari ongkos yang biasa ibu-ibu itu keluarkan,coba saja, dari satu ibu-ibu kita mendapatkan upah sekitar 3rb rupiah, dan jumlah ibu-ibu yang memesan belanjaan kepada kita taro saja ada 10 orang, berarti kita memiliki 30rb rupiah dikurangi ongkos ojek sekitar 10rb rupiah, berarti kita memiliki pendapatan bersih sekitar 20rb rupiah, dalam waktu hanya sekitar 2 jam. terlebih apabila kita memiliki kendaraan sendiri, keuntungan yang kita dapatkan dapat lebih dari itu.

Contoh lain yaitu, apabila kita memiliki kenalan ahli komputer. kita coba saja bikin papan pengumuman atau selebaran yang berisikan menerima perakitan komputer. apabila ada pemesanan kita bisa berpartner dengan teman kita yang ahli komputer tersebut untuk merakit sebuah komputer, namun apabila kita tidak memiliki teman yang ahli dalam komputer, coba untuk mengunjungi pusat-pusat penjualan elektronik, nah biasanya mereka memiliki selembaran yang berisi paket-paket perakitan komputer. kita tinggal menaikan harga dari selebaran tersebut kepada calon customer kita, tentu saja penaikan harga tersebut haruslah diangka sewajarnya. cukup menguntungkan bukan.

Contoh lain, kita memiliki teman yang memiliki pembudidayaan ikan lele, nah itu merupakan suatu peluang usaha yang sangat menguntungkan. coba kita, tawarkan ikan lele tersebut kepada para penjual pecel lele yang ada disekitar lingkungan kita, dan kita tanya mereka biasa membeli ikan lele tersebut 1kg nya berapa?ada selisih sekitar 500rupiah saja sudah untung besar, misalnya 1 penjual ikan lele memerlukan sekitar 5kg ikan lele setiap harinya, dan kita sudah mengantongi sekitar 20 penjual pecel lele, berarti keuntungan yang kita dapat adalah 5kgx500x20= 50rb rupiah, itu dengan asumsi selisih harganya 500rupiah, kenyataannya teman saya yang melakukan bisnis ini, memiliki keuntungan antar 1000rupiah sampai 1200rupiah perkilonya. benar-benar menguntungkan.

Intinya, dalam berbisnis jangan ada kata GENGSI,MALU,TAKUT. karena kalau kita mengetahui sejarah para pengusaha-pengusaha besar, mereka menjadi BESAR karena mereka merasakan menjadi KECIL, lihatlah segala sesuatu dari PROSES, karena proseslah yang menentukan HASIL AKHIR.

Mulai dari sekarang, janganlah kecewa karena kita adalah seorang pengangguran, karena peluang untuk menjadi sukses adalah milik setiap orang.
Selamat Berbisnis.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar